HUT RI ke 69 di Kota Batu

Senin, 18/08/2014 11:05 WIB
7 Flares 7 Flares ×

* Seribu Siswa Bawakan Tari Manggala Kridha Pertiwi

18Agustus Tari HUT RI ke 69 di Kota Batu

1000 siswa SD Kota Batu lakukan Tari Manggala Kridha Pertiwi (ca-3)

Semangat HUT Kemerdekaan RI ke 69 di Kota Batu ditunjukkan dengan tarian Manggala Kridha Pertiwi yang ditampilkan 1000 pelajar perempuan Sekolah Dasar (SD) se Kota Batu. Dengan menggenakan seragam prajurit kuno mereka berhasil menghibur peserta upacara di Stadion Brantas Kota Batu, Minggu(17/8).

Walikota Batu, Eddy Rumpoko mengatakan, sebagai generasi penerus bangsa tidak mengenal perempuan maupun laki – laki dengan penampilan 1000 pelajar SD perempuan se Kota Batu menunjukkan keberanian seorang prajurit dengan gagah berani.

“Atraksi dalam rangka HUT RI di Kota Batu ini memang berbeda, dan saya sangat bangga dengan 1000 pelajar SD tersebut bahkan mereka semua perempuan menggunakan seragam prajurit kuno,”ujar Eddy.

Walikota Batu menambahkan, gaya prajurit Manggala Kridha Pertiwi ini memang unik dan menarik. Membawa Gendewa atau peluncur panah, tampilan mereka nampak makin gagah dengan Condrek atau semacam senjata keris.

“Kita ingin berbagi semangat dengan semua masyarakat Kota Batu. Laki-laki atau perempuan mempunyai semangat dan hak yang sama untuk menjadi yang terbaik di negeri ini,” ujar ER sapaan akrab Eddy Rumpoko.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dindikpor) Kota Batu, Mistin menjelaskan, 1000 penari tersebut berasal dari pelajar perempuan SD se Kota Batu, dengan istilah Manggala Krida Pertiwi tersebut memiliki arti prajurit perempuan yang gagah berani.

“Dari 1000 pelajar SD tersebut terlebih dahulu gurunya yang kami latih kemudian masing – masing guru melatih siswanya dan masa latihan tersebut 1 bulan lamanya, sebenarnya kurang dalam latihan sebab terbentur dengan puasa dan lebaran,” ungkap Mistin.

Mistin menyebutkan, dalam tarian yang dibawakan 1000 pelajar tersebut memiliki cerita yakni tarian tersebut menggambarkan sosok senopati prajurit wanita yang sedang melakukan latihan dan olah kemampuan keprajuritan yang tangkas, lugas, cekatan dan cerdas.

“Jadi kami berharap 1000 penari tersebut dapat membawa aura keprajuritan itu meski perempuan, dalam mengemban tugas dan dalam menghadapi rintangan serta dalam menyelesaikan tugasnya,”terang Mistin

Tarian tersebut berasal dari narasumber tari yakni KI Sholehadi Pratomo, beliau selaku narasumber tari serta panata tari bersama Wiranto Ekram dan Produksi Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Batu.

“Kami tidak mengalami kesulitan dalam latihan mungkin waktunya saja yang kurang, namun kami bangga dengan 1000 pelajar yang membawakan tarian tersebut dalam rangka HUT RI ke 69 dengan lancar dan guru – guru yang melatih 1000 siswa tersebut nantinya akan di tampilkan dalam hari guru,” ucap Mistin.(ca-3)

 

0 comments

DAFTAR ISI | CONTACT US | REDAKSI | PRIVACY POLICY | TERM OF USE | DISCLAIMER

Copyright ©2014 MEMOAREMA.COM

179 queries 3,155 seconds

Back to Top

7 Flares Twitter 5 Facebook 0 Google+ 2 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Email -- 7 Flares ×