Hari Ini, KPU Rekap Suara Pilkada

Selasa, 28/05/2013 10:03 WIB
0 Flares 0 Flares ×
Zaenuddin Hari Ini, KPU Rekap Suara Pilkada

Zaenuddin (ist)

Memo — KPUD Kota Malang segera melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara Pilkada Kota Malang 2013, di Kantor KPUD Kota Malang, hari ini (Selasa 28/5/2013) siang. Selanjutnya, berdasarkan rekap tersebut KPUD akan menetapkan dan mengumumkan peraih suara terbanyak sebagai Walikota – Wakil Walikota Malang terpilih periode 2013 – 2018.

 

Anggota KPUD Kota Malang Zaenuddin mengatakan rekapitulasi itu merupakan bagian dari tahapan Pilkada yang telah ditetapkan. “Rencana besok (hari ini, red)_ rekapitualsi akan kita lakukan,” katanya.

 

Sehari sebelum pelaksanaan rekapitulasi, Senin (27/5/2013), surat suara dan lembar rekapitulasi dari semua kecamatan telah dikirimkan ke KPUD Kota Malang dengan pengawalan ketat oleh aparat keamanan.

 

Di KPUD, dokumen suara Pilkada tersebut disimpan di tempat khusus dengan penjagaan ketat oleh aparat keamanan sehingga kondisi dokumen itu aman sampai untuk menyukseskan pelaksanaan penghitungan suara di tingkat KPU.

 

Dari hasil rekapitulasi itu, Zaenuddin mengatakan pihaknya akan melakukan penetapan dari hasil pemungutan dan penghitungan suara yang telah dilakukan di masing-masing TPS pada tanggal 23 Mei lalu. “Rencananya, penetapan ini akan dilakukan sehari setelah proses rekapitulasi selesai dilakukan,” jelasnya.

 

Proses rekapitulasi tersebut menurut Zaenuddin telah dilakukan secara berjenjang. Pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS hasilnya direkap di tingkat kelurahan atau PPS. Data yang terekap di tingkat kelurahan ini selanjutnya direkap di tingkat kecamatan atau PPK. Dan data dari PPK ini yang akan direkap oleh KPUD Kota Malang.

 

KPUD Kota Malang bukan hanya siap melakukan rekap suara, tetapi apabila diperlukan juga siap melakukan penghitungan ulang terhadap perolehan suara di daerah tertentu. Ini merupakan bagian dari upaya untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada dengan aman dan damai. “Kalau memang perlu dihitung ulang, kita siap melakukannya,” katanya.

 

 

(ari)

 

0 comments

DAFTAR ISI | CONTACT US | REDAKSI | PRIVACY POLICY | TERM OF USE | DISCLAIMER

Copyright ©2014 MEMOAREMA.COM

169 queries 2,409 seconds

Back to Top

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Email -- 0 Flares ×