PTPN X Perluas Pasar Ekspor Tembakau

PTPN X Perluas Pasar Ekspor Tembakau | Memo Arema Online

PTPN X Perluas Pasar Ekspor Tembakau

Jumat, 26/07/2013 08:49 WIB

cerutu PTPN X PTPN X Perluas Pasar Ekspor TembakauMemo — PT Perkebunan Nusantara X (Persero) atau PTPN X terus memperkuat kinerja unit tembakau salah satu pilar bisnis perseroan selain gula dan rumah sakit. Hingga triwulan II/2013, realisasi ekspor tembakau PTPN X sebesar 634,30 ton.

Angka ini 144,4 persen di atas target rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) triwulan II/2013 yang dipatok sebesar 439,24 ton. Dari penjualan itu, perseroan memperoleh pendapatan Rp 97,29 miliar, melampaui target RKAP sebesar Rp 70,65 miliar.

Hingga akhir tahun, perseroan menargetkan ekspor sebesar 1.685 ton dengan nilai pendapatan Rp 296,464 miliar. Total produksi kering rompos hingga akhir tahun ini diharapkan mencapai 2.530 ton.

”Kinerja bisnis tembakau kami tahun ini cukup bagus, karena banyak melampaui target-target dalam RKAP. Kami terus meningkatkan kualitas budidaya tembakau sembari terus mencari ceruk pasar baru di luar negeri,” ujar Sekretaris Perusahaan PTPN X, M. Cholidi, Kamis (25/7/2013).

Hingga triwulan II/2013, realisasi areal tanam komoditas tembakau di kebun-kebun milik PTPN X mencapai 1.296,12 hektar, atau meningkat sekitar 17,39 persen dibanding triwulan II/2012 sebesar 1.104,22 hektar. Perseroan pada tahun ini mengejar target areal tanam sebesar 1.325 hektar yang tersebar di Jember, Klaten, dan Bojonegoro.

Cholidi mengatakan, salah satu jenis tembakau yang dikembangkan PTPN X adalah Tembakau Besuki Na-Oogst (BESNO). Tembakau Cerutu Besuki dapat digunakan sebagai bahan wrapper (pembungkus), binder (bahan pengikat), dan filler (pengisi) untuk cerutu. Tembakau jenis ini memiliki keunggulan cita rasa yang ringan dan eksotik (exotic mild) serta aromatis, tekstur lembut, tipis menebal (thin to thick). Struktur daunnya juga elastis serta memiliki kapasitas terbakar yang bagus.

Indonesia adalah salah satu eksportir cerutu terkemuka di dunia. Indonesia mengisi 34 persen pasar (market share) tembakau cerutu dunia dengan kualitas dekblad (pembalut cerutu) dan omblad (pembungkus cerutu). Dari 34 persen itu, 25 persen di antaranya adalah tembakau cerutu jenis Besuki Na Oogst dari Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang antara lain juga diproduksi PTPN X.

”Selama ini pasar terbesar kami adalah Eropa dan Amerika Serikat. Sudah sejak lama, penjualan tembakau kami terhubung dengan Eropa melalui Balai Lelang di Kota Bremen, Jerman. Namun, sudah sejak beberapa tahun terakhir ini kami bisa berhubungan langsung dengan perusahaan cerutu di Eropa tanpa melalui Balai Lelang Bremen,” jelas Cholidi seraya menambahkan, saat ini, selain pasar utama Eropa dan Amerika Serikat, PTPN X terus memperluas pasar ekspor ke China.

Pemerintah dan publik China relatif terbuka terhadap fancy product seperti tembakau dari negara lain.
”Pangsa pasar penggemar cerutu di China terus membesar. Penggemar cerutu mulai tumbuh dan tentunya membutuhkan tembakau yang berkualitas tinggi. Ada pula kecenderungan beralih ke cigarillos (cerutu kecil) dari sebelumnya hanya cigar (cerutu besar). Perubahan gaya hidup ini turut mendorong pengembangan pasar tembakau untuk cerutu di China,” jelasnya.

 

 

Penulis : Avon

Editor : Muhammad Dhani

 

DAFTAR ISI | CONTACT US | REDAKSI | PRIVACY POLICY | TERM OF USE | DISCLAIMER

Copyright ©2014 MEMOAREMA.COM

71 queries 0,879 seconds

Back to Top