Siswa Berprestasi Melenggang

Siswa Berprestasi Melenggang | Memo Arema Online

Siswa Berprestasi Melenggang

Selasa, 02/07/2013 10:58 WIB
suwarjana 300x225 Siswa Berprestasi Melenggang

Suwarjana

Memo – Calon siswa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik akan melenggang mudah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Malang tahun 2013. Pasalnya, Dinas Pendidikan Kota Malang secara resmi telah membuka jalur prestasi.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Malang Suwarjana mengatakan pada tahun ini PPDB dibuka melalui jalur online dan prestasi.

“Untuk siswa yang memiliki prestasi diberikan kemudahan untuk melanjutkan pendidikan,” katanya.

Bagi siswa yang memiliki prestasi dipastikan akan mendapatkan tempat dalam kuota yang telah ditentukan di masing-masing sekolah negeri, baik di tingkat SMP, SMA dan SMK.

Melalui sistem online, siswa ini akan diberikan tanda khusus sehingga namanya tidak akan tergeser oleh siswa lain yang tidak berprestasi.

Untuk siswa yang memiliki prestasi akademik, menurut Suwarjana akan diberikan kebebasan untuk memilih sekolah yang diinginkan sehingga siswa tersebut dapat meningkatkan prestasi di masa mendatang.

Sedangkan untuk siswa yang berprestasi non akademik, Dinas Pendidikan akan memilihkan sekolah yang tepat.

“Prestasi non akademik ini diantaranya prestasi dalam bidang olah raga sehingga sekolahnya akan kita pilihkan,” jelasnya.

Alasan pemilihan itu terkait dengan kelangsungan prestasi yang dimiliki. Prestasi bidang oleh raga misalnya, untuk menempa kemampuannya ini tentu membutuhkan waktu untuk latihan dan pertandingan di luar kota. Oleh karena itu, banyak waktunya belajar di sekolah akan terbatas.

Untuk itu, Suwarjana mengatakan siswa yang memiliki prestasi non akademik akan ditempatkan pada sekolah yang dapat mendukung kelanjutan prestasinya dengan memberikan toleransi waktu belajar di sekolah.

“Siswa yang berprestasi non akademik ini membutuhkan waktu untuk berlatih atau bertanding. Sekolah yang tepat adalah sekolahan yang mau memberikan kelonggaran,” paparnya.

Agar tidak salah penempatan, Dinas Pendidikan Kota Malang akan melakukan seleksi terhadap siswa yang menempuh jalur prestasi tersebut untuk mengetahui bidang prestasinya sehingga dapat ditentukan sekolahnya.

Untuk lolos dalam jalur prestasi, siswa yang bersangkutan harsu mampu menunjukkan legalitas atau surat keterangan mengenai prestasi yang telah diraih.

Dinas pendidikan telah menetapkan prestasi dimaksud paling tidak masuk enam besar dalam sebuah kejuaraan atau perlombaan tingkat propinsi.

 

 

(ari)

 

DAFTAR ISI | CONTACT US | REDAKSI | PRIVACY POLICY | TERM OF USE | DISCLAIMER

Copyright ©2014 MEMOAREMA.COM

68 queries 0,992 seconds

Back to Top