Peredaran Narkoba Tembus Semua Strata Sosial

Rabu, 02/10/2013 13:14 WIB
0 Flares 0 Flares ×
Rendra Kresna Peredaran Narkoba Tembus Semua Strata Sosial

Bupati Malang Rendra Kresna

Memo — Masalah narkoba sudah merasuk ke semua kalangan, menembus semua strata sosial dan beredar di berbagai pelosok kota hingga desa. Karena itu tak heran bila jumlah pemakainya banyak. Menurut data Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah pengguna narkotika sampai tahun 2008 sebanyak 115.404 orang.

Dari jumlah pengguna tersebut, 51.986 orang pengguna adalah remaja usia 16-24 tahun. “Hal ini menandakan peringatan (warning) bagi kita. Selain itu peredaran narkotika di wilayah Malang Raya masih cukup tinggi. Bahkan, Malang Raya diketahui sebagai peringkat ketiga di Jawa Timur,” kata Bupati Malang Rendra Kresna, kemarin.

Dia menambahkan, masih tingginya peredaran narkotika di Malang Raya, termasuk di wilayah Kabupaten Malang, tidak hanya karena luasnya wilayah, tapi juga karena wilayahnya yang berbatasan dengan daerah lain, seperti Lumajang, Surabaya dan Blitar.

Padahal peredaran dan konsumsi narkoba akan berakibat pada terjadinya potensi kehilangan generasi (loss generation), kehilangan produktivitas ekonomi (loss economic productivity) dan kehilangan kesejahteraan (welfare loss).

“Akibat lebih jauh adalah generasi muda dan masyarakat yang mengkonsumsi narkoba menjadi kehilangan dirinya sendiri, mudah dipengaruhi dan diprovokasi untuk tujuan-tujuan kejahatan,” ujar Rendra Kresna.

Untuk mengatasinya, masyarakat, termasuk swasta, sepatutnya ikut berpartisipasi aktif dalam melayani (to serve), melaksanakan advokasi (to advocate), serta mengkritisi (to watch) upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, baik secara individu, kelompok maupun bersama masyarakat luas.

“Pemerintah Kabupaten Malang sangat peduli terhadap dampak yang akan terjadi akibat peredaran dan penggunaan narkoba. Ada sejumlah kebijakan yang menunjang program-program nasional dalam memberantas peredaran narkoba agar tidak meluas. Di antaranya, sepanjang tahun 2012 telah dilaksanakan beberapa kegiatan, antara lain publikasi pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba melalui spanduk, penyebaran leaflet, iklan melalui media cetak, sosialisasi kepada PNS, tokoh agama/masyarakat, instansi swasta, mahasiswa dan pelajar. Selain itu di intern Pemerintah Kabupaten Malang juga telah melaksanakan tes bebas narkoba terhadap 960 PNS sebagai komitmen kepeloporan anti narkoba,” terangnya.

 

Penulis : rahmat
Editor : Dhani

0 comments

DAFTAR ISI | CONTACT US | REDAKSI | PRIVACY POLICY | TERM OF USE | DISCLAIMER

Copyright ©2014 MEMOAREMA.COM

111 queries 2,704 seconds

Back to Top

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Email -- 0 Flares ×