Pemkot Malang Siapkan Perwali Pengelolaan Rusun

Kamis, 05/09/2013 08:01 WIB
0 Flares 0 Flares ×

rusun baru Pemkot Malang Siapkan Perwali Pengelolaan RusunMemo — Pemkot Malang kini sedang menyiapkan Peraturan Walikota (Perwali) Malang sebagai payung hukum pengelolaan rumah susun (rusun) yang berada di kawasan Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Kepala Bidang Perumahan dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) Kota Malang M. Thoriq mengatakan rusun itu sebenarnya sudah dibangun dan selesai pada awal tahun ini. “Kami mengharapkan pada tahun ini aturan tersebut dapat terselesaikan,” katanya saat di Balaikota Malang, kemarin.

Saat ini, draft Perwali tersebut masih dalam pembahasan di tingkat internal tim yang diantaranya terdiri dari DPUPPB, Bagian Hukum dan Bagian Organisasi. “Dalam Perwali itu akan mengatur mengenai pengelolaan rumah susun tersebut,” ujarnya.

Penerbitan perwali tersebut kini sedang ditunggu karena selama belum ada Perwali maka pengelolaan rusun tidak dapat dilakukan. Untuk itu, diharapkan dalam waktu secepatnya dapat segera diterbitkan.

Dalam Perwali itu akan dijelaskan secara detail mengenai tata cara pengelolaan mengenai, pihak yang menangani, besaran tarif untuk menempati rusun, aturan waktu sewa dan aturan bagi penghuni rusun untuk menjaga ketertiban.

Menanggapi belum terbitnya Perwali, Kepala Bagian Organisasi Pemkot Malang Dwi Rahayu menyampaikan bahwa kini draft telah tersusun dan terus dilakukan revisi untuk memperbaiki aturan yang ada di dalamnya.

Perkembangannya, draft tersebut telah disampaikan ke DPUPPB untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan terkait dengan materi dalam aturan itu. Karena tidak menutup kemungkinan diperlukan revisi. “Sudah kami kembalikan ke DPUPPB untuk periksa kembali,” katanya.

Alurnya, apabila draft telah dinyatakan cukup dan tidak membutuhkan perbaikan di tataran teknis maka dokumen itu akan segera dikirimkan ke Bagian Hukum Pemkot Malang yang akan melakukan pengkajian dan menyampaikan ke Walikota Malang untuk dapat disahkan.

Rusun yang dianggarkan adari Kementrian Pekerjaan Umum ini ini dibangun di atas lahan yang telah disiapkan oleh Pemkot Malang seluas 10.000 meter persegi. Diharapkan rusun ini apabila sudah memiliki payung hukum pengelolaan dapat segera ditempati oleh masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal.

 

 

 

Penulis    : Ariful Huda
Editor      : Muhammad Dhani

0 comments

DAFTAR ISI | CONTACT US | REDAKSI | PRIVACY POLICY | TERM OF USE | DISCLAIMER

Copyright ©2014 MEMOAREMA.COM

182 queries 1,954 seconds

Back to Top

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Email -- 0 Flares ×